Senin, 06 Juni 2011

ini indonesia, bung!

tengah tahun ini, siapa yang tidak tahu Indonesia menyelenggarakan pemilu
sebelum,saat, dan setelah pemilu kamera wartawan berevolusi ke pemilu

jumlah keseluruhan parpol yang ikut pileg tahun ini ada 45 parpol
40 parpol yang ikut pileg secara nasional
5 parpol sisanya parpol daerah aceh yang notabene cuma ikut pileg secara lokal di daerah aceh

pemilu tahun 2009 banyak kontroversinya
dari kasus DPT sampai kecurangan-kecurangan di TPS-TPS

sungguh, saya pikir ini dilematis
antara bentuk demokrasi atau bentuk pemborosan besar-besaran uang negara

kita tahu, setelah pemiu legislatif dilanjutkan pemilu presiden yang notabene pesta demokrasi
kita juga tahu pilpres kali ini pesertanya yaitu mega-prabowo, sby-budiono, jk-win
5 orang dari parpol 1 teknokrat
jadi, dari 40 parpol yang ikut pileg , ternyata cuma 5 parpol aja yg bisa ikutan pilpres

artinya, sedikit dari parpol perserta pileg cari suara lagi di pilpres
kelihatan banget kalo pileg ajang bagi penguasa ingin berjaya

saya pikir ini hal yang mubazir
berikut yang saya pikirkan adalah murni hanya hitung-hitungan kotor. apabila terjadi kesalahan adalah suatu hal yang wajar

surat suara pileg kemarin panjang 70 cm x lebar 50 cm
satu lembar surat suara kita anggap rata-rata secara nasional ada 40 parpol
berarti satu parpol punya tempat yaitu panjang 13 cm lebar 5,25 cm , 1cm sisanya itu margin kertasnya dan margin antar parpol

bandingkan kalau dari awal cuma 5 parpol aja yg ikut
berarti panjang yang dibutuhin cuma panjang 13 cm lebar 31,25 cm , asumsinya semua parpol ngederet ke samping

kalo 1 x 1 cm ngabisin biaya percetakan , tinta ,pengiriman, dan segala macemnya kita angap 10 perak aja
berarti biaya yang diabisin kalo pake ukuran yang 70 x 50 itu,
70 x 50 x Rp10 = Rp35.000
bandingin kalo pake ukuran 13 x 31,25
berati ngabisin 13 x 31,25 x Rp10 = Rp4.062,5 dibuletin jadi murah aja jadi Rp4.000
selisihnya Rp31.000

penduduk indonesia sekarang kurang lebih 230 juta jiwa
anggap kotor yang udah punya hak suara 50%nya atau sekitar 115 juta
anggap lagi surat suara ada sejumlah penduduk Indonesia yang punya hak pilih yaitu 115.000.000 aja
berarti kalo dari awal pemilu cuma 5 parpol aja, negara ini bisa ngehemat ampe Rp31000 x 115.000.000 = Rp3.565.000.000


ini indonesia , bung !

saya pikir ini hal yang mubazir
yang diatas adalah hanya hitungan kotor
saya takut saya benar
apabila salah pun, kita semua tahu
siapa pemenang pemiu legislatif ini
bukan golongan merah
golongan biru
atau golongan warna-warni lainnya itu
ya, benar
golongan putihlah yang menang
sangat mubazir saya pikir

ini indonesia , bung !

kemudian saya bertanya,
apakah ini cerminan harkat martabat demokrasi
kebebasan pendapat untuk cari-cari alasan untuk pemborosan
kebebasan pendapat untuk bermewah-mewahan sementara mereka tahu betapa sulitnya menuai padi di tana sendiri
kebebasan pendapat untuk mendatangkan uang di kalangan sendiri

terkadang, saya takut saya benar

ini indonesia , bung !

ditulis oleh wilaga azman kharis, 14 mei 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar